Evaluasi dan Apresiasi Kinerja PKB/PLKB melalui Pertemuan Rutin PKB/PLKB Tingkat Kabupaten Demak

DEMAK – Bertempat di Aula Dinpermades P2KB Kabupaten Demak dilaksanakan pertemuan rutin bulanan PKB/PLKB tingkat kabupaten Demak yang sekaligus sebagai wadah evaluasi kinerja PKB/PLKB se-kabupaten Demak, Rabu (18/05/2022). Kegiatan yang dibuka langsung oleh kepala Dinpermades P2KB Kab. Demak, Drs. Daryanto, MM ini dihadiri oleh segenap PKB/PLKB baik ASN maupun non-ASN dari 14 kecamatan.

Daryanto menyampaikan bahwa di kabupaten Demak sudah dilaksanakan rakor TPPS tingkat kabupaten guna mendukung percepatan penurunan kasus stunting di kabupaten Demak. Di samping itu,

“Kolaborasi dan sinergitas lintas sektor dan mitra sangatlah penting dalam mendukung program percepatan penurunan stunting melalui pemberdayaan kader TPK”, ujar Daryanto.

Terkait capaian kesertaan ber-KB, kepala Dinpermades P2KB Demak menyampaikan hasil capaian PA dan PB, DO dan unmet need sampai dengan April 2022 yang menjadi bahan evaluasi bagi semua PKB/PLKB di masing-masing kecamatan binaan.

Adapun perwakilan Bidang KB menyampaikan progres pelayanan KB dalam rangka HUT IBI ke-71 yang sedang berlangsung sampai dengan 25 Mei 2022 dan proges kegiatan pendampingan TPK bagi keluarga sasaran beresiko stunting.

Selanjutnya, Bidang P2PP menekankan pentingnya kehadiran semua PKB/PLKB dalam acara rapat pertemuan rutin serta menyampaikan kegiatan verivikasi dan validasi data keluarga sasaran beresiko stunting yang memanfaatkan data basis PK21 dengan dukungan anggaran dari BKKBN pusat.

Pada pertemuan itu diserahkan pula kenang-kenangan bagi Ibu Sugiyati, PKB Penyelia Kecamatan Wonosalam yang purna per 1 Mei 2022 sebagai bentuk kepedulian dan terima kasih Dinpermades P2KB dan IPeKB Kab. Demak atas pengabdian dan dedikasinya selama menjalankan tugas sebagai penyuluh KB. Dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah bagi PKB non-ASN yang berkontribusi dalam pengiriman artikel Buletin “Pena” IPeKB Kab. Demak dimana juara I diraih oleh Umi Fauziah selaku PKB Kec. Sayung, Juara II diraih oleh Dhi’fan Hanung Julun selaku PKB Kec. Sayung dan Juara III diraih oleh Ima Fatimah selaku PKB Kec. Bonang.

Pada kesempatan yang sama diserahkan pula piagam penghargaan bagi semua Balai Penyuluhan KB yang ada di kabupaten Demak, sebagai bentuk apresiasi kepada Balai Penyuluhan KB dalam rangka Penguatan dan Pembinaan Kampung KB. (Tim IPeKB Kab. Demak)