Rangkaian Kegiatan Syawalan Pemerintah Kecamatan Bonang Tahun 2022

DEMAK - Camat Bonang Haris Wahyudi Ridwan, AP, M.Si beserta forkopincam Bonang merayakan tradisi syawalan di Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Senin (9/5/2022).

Tradisi syawalan dengan sedekah laut/ larungan merupakan tradisi peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan dan tradisi sedekah laut dilaksanakan setiap tanggal 7 syawal atau bodo kupat (lebaran kupat) yang dilaksanakan oleh warga nelayan pantai Morodemak, Bonang, Demak.

Menurut Haris, setiap tahun syawalan di Kecamatan Bonang akan terus diselenggarakan untuk menjaga kelestarian budaya yang sudah ada.

Dengan adanya syawalan, pedagang tiban mesti ada tambahan penghasilan, masyarakat sekitar juga memperoleh tambahan hiburan setahun sekali di Kecamatan Bonang.

“Kita berdoa sedekah laut ini untuk mensyukuri nikmat Allah SWT agar pendapatan tambah berlimpah, tambah berkah, sungainya bagus, lautnya bersih, daerahnya bersih, akhirnya hasil laut tambah banyak, dan masyarakat demak sejahtera”, imbuhnya.

Kegiatan tradisi syawalan atau sedekah laut merupakan wujud syukur warga masyarakat nelayan atas rejeki yang berlimpah dari laut yang di berikan oleh Allah, SWT.

Sedekah laut ini dilaksanakan di tengah laut dengan menggunakan kapal nelayan dan diatas kapal di lakukan doa bersama yang di pimpin oleh tokoh–tokoh agama setempat dan kemudian di lanjutkan makan bersama. (Kecamatan Bonang)