Satgas Bencana Sigap Lakukan Assessment Saat Terjadi Bencana

DEMAK – Setelah mendapat laporan terjadi bencana angin kencang, Tim Satgas Bencana Dinperkim lakukan assessment di Desa Wedung Dukuh Gojoyo RT 4 RW 10, Sabtu 4 Juni 2022. Tim Satgas didampingi oleh Kepala Desa Wedung, Tokoh Masyarakat Wedung dan BPD Desa Wedung.
Kegiatan yang dilakukan yaitu pengukuran rumah yang terdampak bencana, serta melakukan checklist lembar assessment.

Yatin, salah seorang tim satgas melakukan dialog dengan kades dan perangkat desa setempat saat mengunjungi salah satu rumah yang rusak akibat angin kencang terkait kronologi terjadinya bencana, sembari mengisi lembar assessment.

“Awalnya angin kencang dan rumah ini kurang kuat dindingnya, jadi tembok–tembok saat ada angin langsung hancur, dan angin kencang membuat genteng sebagian hancur. Saat kejadian pemilik rumah sedang keluar, jadi tidak ada korban”, tutur Kades Wedung.

Kemudian Yatin menjelaskan bahwa untuk mengajukan bantuan dimohon Desa membuat surat kepada Bupati, “Selanjutnya Dinpekim mendapat Dispo dari Bupati, baru kami tindaklanjuti untuk mengirim bantuan”, ungkapnya.

Yatin juga memberikan contoh format surat dan menjelaskan secara detail kemana surat dikirimkan agar bantuan segera terealisasi. (Dinperkim/Nanda S)