Bupati HM Natsir Resmikan 2 Puskesmas

DEMAK – Pada tahun 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Demak telah meresmikan 4 bangunan gedung yakni 3 puskesmas meliputi Puskesmas Guntur II, Puskesmas Bonang II dan Puskesmas Karangawen II dan 1 gedung Public Safety Center (PSC) 119 di Kelurahan Mangunjiwan Kecamatan Demak . Sedangkan diawal tahun 2021 ini dilakukan peresmian 2 gedung puskesmas, yakni Puskesmas karanganyar II dan Puskesmas Mranggen 3. Pelaksanaan Peresmian kedua puskesmas tersebut dilakukan di halaman Puskesmas Karanganyar II yang di lakukan Bupati Demak HM Natsir, Selasa (06/04/2021).

Dalam laporannya Kadinkes Guvrin Heru Putranto berharap dapat memberikan fasilitas yang baik dan meningkatkan mutu kesehatan bagi masyarakat. "Dengan adanya bangunan  tersebut diharapkan Demak semakin baik dalam memberikan fasilitas kesehatan dan meningkatkan mutu kesehatan. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu sehingga dapat mencapai penyapaian seperti ini”, harap Guvrin.

Selanjutnya Guvrin juga merencanakan pembangunan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah pada tahun ini.

Sedangkan dalam sambutan Bupati Demak HM Natsir yang dibacakan Wakil Bupati Joko Sutanto menyampaikan, penambahan gedung baru harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, jadi tidak hanya gedungnya yang bagus saja, namun SDM kurang bagus. “Saya minta kepada segenap jajaran tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Demak, khususnya yang berada dibawah naungan Puskesmas Karanganyar II dan Puskesmas Mranggen III untuk bisa meningkatkan kinerja”.

Capaian pembangunan kesehatan merupakan salah satu komponen Indikator Pembangunan Manusia (IPM), sebab kesehatan merupakan investasi jangka panjang dalam kaitannya mendukung kualitas sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi yang kompetitif. “Jika masyarakat kita sehat, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat. Terus tingkatkan semangat dan tingkatkan derajat kesehatan masyarakat”, kata Wabup.

Seusai memberikan sambutan di lakukan peresmian gedung baru ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati HM Natsir dan Wabup Joko Sutanto. Selanjutnya masing- masing diserahkan kepada  Kepala Puskesmas Karanganyar II dr Joko Purnomo Suko dan Kepala Puskesmas Mranggen 3 dr Haerudin.

Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati serta penguntingan rangkaian bunga melati dan tinjauan gedung.

Sementara, Kepala Puskesmas Karanganyar II dr Joko Purnomo Suko mengungkapkan, adanya gedung baru ini menjawab tuntutan masyarakat untuk kedepan semakin terus meningkat lagi. “Dengan adanya pembangunan gedung baru ini harus diimbangi dengan pelayanan yang lebih bagus lagi”.

Ditambahkan oleh dr Joko dalam gedung baru tersebut terdapat aula yang berada di lantai 3 yang dapat digunakan untuk pelatihan maupun kegiatan sosialisasi. "Karena di lantai 3 terdapat aula, saya harap masyarakat dapat memanfaatkannya untuk kegiatan seperti pelatihan dan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat". (Kominfo/ist/rd).