Bupati Pantau Wilayah Pesisir

DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah didampingi Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setyo Pratomo bersama Kepala Dinputaru, Kepala BPBD melaksanakan Patroli Wilayah Pesisir Pohon Mangrove dengan menaiki speed boad. Kegiatan dilakukan dengan menyisir dari TPI Bonang sampai Pantai Morosari.

Dalam unggahan postingan Instagram pribadinya, Rabu (29/06/22), Bupati Eisti’anah menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menilik dampak rob yang kian memprihatinkan, selain itu juga untuk melakukan checking kondisi mangrove di masing-masing wilayah.

Selain itu, ekosistem mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrient dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Manfaat lain dari ekologis mangrove adalah berupa perlindungan bagi ekosistem daratan dan lautan, yaitu dapat menjadi penahan abrasi, erosi, gelombang dan angin kencang. Secara ekosistem, mangrove berperan dalam stabilisasi suatu ekosistem pesisir, baik secara fisik maupun biologis.

Bupati menyebutkan, dari kegiatan tersebut ditemukan beberapa fakta dilapangan. “Dari temuan dilapangan nantinya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruantg (DPUPR) Kabupaten Demak akan berkoordinasi dengan rekan-rekan di Kementrian terkait,” katanya.

Dirinya berharap jajaran Pemerintah Pusat dapat mendukung pengerjaan program tanggul laut untuk wilayah pesisir di Kabupaten Demak. (kominfo/ist-rd)