Dalam Operasi Patuh Candi 2021 Kedepankan Humanisme

DEMAK – Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas di tengah Pandemi COVID-19, personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan instansi terkait melaksanakan Gelar Operasi Patuh Candi 2021 di Mapolres Demak, Senin (20/9/21).

Apel dipimpin Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, dihadiri Bupati Demak Eisti’anah serta Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo.

Dalam pengarahannya dihadapan peserta apel, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyampaikan, tema Operasi Patuh Candi 2021 yaitu ‘Melalui Operasi Patuh Candi 2021 Kita Tingkatkan Disiplin Prokes dan Tertib Berlalu Lintas Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Virus Diseasi (COVID-19) serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap di Wilayah Hukum Polres Demak’.

Adapun operasi patuh akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021 yang dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri),.

“Kegiatan patuh tahun ini diprioritaskan kegiatan simpatik untuk percepatan penanganan COVID-19. Meliputi kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa baksos, bagi masker, serta pemasangan stiker imbauan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas”, kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, Kegiatan Operasi Patuh Candi 2021 berbeda dengan sebelumnya. “Untuk kegiatan ini tidak berorientasi pada penegakan hukum lantas yaitu tilang, tetapi berupa tindakan simpatik. Namun seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat, dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada polri," terangnya.

Kapolres menegaskan, agar dalam pelaksanaan tugas dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, serta bertindak dengan humanis dan selalu bersinergi dengan instansi terkait.

"Utamakan sinergitas dalam pelaksaan tugas, serta laksanakan dengan tegas namun tetap humanis," tutup Kapolres Demak.(kominfo/ist)