Gempur Rokok Ilegal, Bupati Demak Pentas Kethoprak Wayang

DEMAK - Sebagai bentuk komitmen dalam mengurangi peredaran rokok tanpa cukai atau rokok illegal, Pemkab Demak bekerjasama dengan TVRI Jawa Tengah menggelar pentas seni kethoprak wayang dengan lakon Satriyo Pinilih yang ditayangkan secara live dan streaming you tube, Selasa (23/11/2021) di Pasar Patlikuran. Ikut dalam pementasan seni tersebut, Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah SE dan Sekda Demak, dr. Singgih Setyono, M.Kes, Kadinas Pariwisata Demak dan Kepala Bea Cukai Semarang.
Pertunjukan seni tersebut digelar dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang rokok illegal, tujuannya agar masyarakat sadar akan pentingnya membeli rokok legal. Sosialisasi ini menggandeng seniman campursari Cak Diqin, Reza Lawang sewu dan Gareng agar lebih mengena ke masyarakat. Dalam pementasan tersebut, lakon ketoprak memainkan peran terkait peredaran rokok ilegal. Tak hanya mengancam kesehatan, rokok ilegal juga mengurangi pendapatan negara dari cukai.
Dalam kesempatan tersebut Bupati memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait rokok illegal, yang berdampak pada pendapatan negara. Semakin banyak rokok ilegal, pendapatan yang seharusnya masuk melalui cukai rokok akan berkurang. Beliau menekankan bahwa Gempur Rokok Ilegal menuntut komitmen bersama. Dibutuhkan kesadaran agar tidak memproduksi, mengkonsumsi, dan mengedarkan rokok illegal. ”Karena potensi pendapatan negara yang hilang sangat besar. Yang seharusnya bisa untuk meningkatkan kemakmuran rakyat,” Tuturnya. (Prokompim).