Kegiatan Pertemuan Pokja Kampung KB Tingkat Kecamatan Mranggen

DEMAK – Bertempat di Penndopo Kecamatan Mranggen Kegiatan Pertemuan Pokja Kampung KB. untuk pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2022. Kegiatan menghadirkan peserta dari seluruh Kampung KB yang ada di Kec.Mranggen, yaitu Karangkumpul Banyumeneng, Kalimas Waru, dan Jetis Tamansari. Senin (18 Juli 2022).

Kasi Permas kecamatan Mranggen, Yuliarsi P, mewakili Camat Mranggen menyampaikan mengenai dukunganya terhadap program Kampung KB dan berharap Kepala Desa juga turut mendukung kegiatan pokja yang dapat dialokasikan melalui anggaran Dana Desa.
“Peran dari pemerintah desa dan semangat masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas, yang tidak hanya unggul dari sisi KB saja tetapi juga meliputi aspek lain, seperti pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan”, katanya.
Kasi Permas juga menyoroti mengenai UPPKA Kampung KB yang diharapkan dapat melakukan inovasi dan pengembangan-pengembagan lagi agar produk-produk yang dihasilkan dapat bersaing di lingkup yang lebih luas.
“Kampung KB tidak lepas dari partisipasi masyarakat oleh sebab itu kegiatan-kegiatan Pokja diharapkan merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan sehingga tujuan utama Kampung KB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dapat terwujud”, ujar Yuliarsi.

Sementara itu Drs Ahlam Kamal MM salaku Sub Koordinator Advokasi dan KIE, Bidang P2PP, Dinpermades P2KB yang bertindak sabagai narasumber kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan Kampung KB di tahun 2022 ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu pertemuan pokja dan Ketahanan berbasis kelompok.
“Pada kegiatan pokja, seluruh Pokja Kampung KB di Kecamatan Mranggen diminta untuk menyusun rencana kerja sesuai tupoksi masing-masing seksi di Pokja Kampung KB, setelah rencana ketja dirumuskan, kemudian dituangkan dalam RKM (Rencana Kerja Masyarakat)”, ungkap Ahlam.
Dia juga berpesan untuk setiap kegiatan yang telah selesai dilaksanakan agar didokumentasi dan dinarasikan. (Tim BPKB Mranggen)