Pembekalan Mentor Latsar CPNS Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Demak

DEMAK – Kamis 19 Mei 2022 bertempat di Ruang Kelas Belimbing BKPP dilaksanakan acara Pembekalan Mentor Latsar CPNS Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Demak Drs. Bambang Saptoro Subandrio, didampingi Sekretaris BKPP Herminingsih, S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya Bambang Saptoro mengatakan bahwa mentor selaku atasan langsung agar memberikan gambaran, pandangan dan tentunya pengalaman-pengalaman selama menjadi ASN. Selain itu mentor harus memiliki kompetensi dalam memberikan dukungan, bimbingan dan masukan atau arahan kepada peserta untuk melaksanakan tahap pembelajaran juga untuk selalu diajarkan pendidikan karakter, tujuannya agar CPNS baru ini mengerti akan budi pekerti diantaranya etika agar kelak menjadi pemimpin yang beretika tinggi.

“Peran mentor sangatlah penting bagi peserta CPNS dalam membuat rancangan aktualisasi pada masing-masing formasi di antaranya Kemampuan mewujudkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas jabatannya”, ungkap Bambang Saptoro.

Lebih lanjut Dia menjelaskan bahwa kemampuan mengedepankan kepentingan nasional dalam melaksanakan tugas dan jabatannya, Kemampuan menjunjung tinggi Standar Etika Publik dalam melaksanakan tugas dan jabatannya, Kemampuan berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas jabatannya dan Kemampuan untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pembratasan korupsi di lingkungan instansi. tugas dan fungsi mentor memberi motivasi, inspirasi, mendukung pelaksanaan kegiatan peserta Latsar CPNS serta mengikuti seminar rancangan dan laporan Aktualisasi.

“Peran dan tugas ini harus diberikan mentor kepada peserta Latsar CPNS pada saat pembelajaran Distance Learning, penyusunan rancangan Aktualisasi, Aktualisasi, Seminar Rancangan, pembelajaran Klasikal dan seminar Aktualisasi”, tambahnya.

“Begitu penting peran dan fungsinya, maka Mentor bukan saja melakukan mentoring tapi juga berperan orang tua, pelatih, fasilitator, rekan, pengawas, pengendali dalam proses perubahan menuju ke arah reformasi birokrasi yang baik”, pungkas Bambang Saptoro. (BKPP/korpri)