Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Bupati Demak Serahkan 200 Paket Sembako

DEMAK - Dalam rangka Memperingati Hari Lanjut Usia Ke-26 Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Sosial Kab. Demak menyerahkan bantuan sebanyak 200 paket Sembako kepada para Lansia di Kantor Desa Berahan Wetan, Kecamatan Wedung, Rabu, (29/06/2022).

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, S.E. dilanjutkan oleh Wakil Bupati Demak, KH. Ali Makhsun, M.S.I., Pj. Sekda sekaligus sebagai Plt Dinsos P2PA, Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si, Plt Dinkes, Kurniawan Arifendi, ST., Plt Bappeda Litbang, Masbahatun Niamah, S.Si, Plt Dinpora, Muh. Ridhodhin, S.H, M.H., serta Camat Wedung dan Kades Berahan Wetan.

Bupati Demak dalam sambutannya mengatakan bahwa Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati tanggal 29 Mei yang lalu, merupakan hari dimana negara Republik Indonesia ingin mengapresiasi dengan penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategis para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kami kaum muda untuk memberikan pelayanan kepada sesepuh dan pinisepuh, sebagai ungkapan terima kasih karena Panjenengan layak untuk mendapatkannya. Sebagai tanda kasih sayang kami, hari ini kami akan membagikan bantuan sosial kepada Panjenengan,”. Kata Bupati.

Pada kesempatan itu juga telah disediakan pos pelayanan kesehatan lansia. Bupati berpesan agar bisa dipergunakan dengan sangat baik. “ini untuk memeriksakan kesehatan Bapak Ibu. Dengan melakukan cek kesehatan lansia, ada/ tidaknya risiko suatu penyakit dapat diketahui”. Ungkapnya.

“Kita semua tentu berharap bahwa kita selalu diberikan sehat lahir batin dan bugar. Mudah-mudahan pemeriksaan kesehatan Bapak dan Ibu hasilnya baik. Aamiin. Lansia harus tetap terjaga kesehatannya dan mampu mandiri. Hal ini sejalan dengan tema nasional Hari Lanjut Usia ke-26 yaitu “Lansia Sehat, Indonesia Kuat”. Pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Demak mengungkapkan rasa bahagia karena bisa bersilaturrahim dengan para sesepuh dalam suasana yang hangat. “Saya berharap Bapak Ibu memiliki sikap mental yang positif tentang berkah usia dan kehidupan yang bermanfaat. Lanjut usia bukan penghalang untuk memberi dedikasi terbaik kepada kemanusiaan. Peran dan keterlibatan lansia dalam kegiatan sosial, intelektual, keagamaan dan kebudayaan memiliki arti yang bernilai penting”. Imbuhnya.

Plt. Dinsos P2PA, Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si selaku panitia penyelenggara menjelaskan alasan dipilihnya Desa Berahan Wetan sebagai salah satu Desa yang masuk Penanganan Program Penanggulanan Kemiskinan Ekstrem. “Kemudian kita juga ramaikan dengan kegiatan Senam Lansia dan Prolanis. (Prokompim).