Sebanyak Lima Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Di Jawa Tengah Diresmikan

DEMAK – Lima Rumah Sakit PKU Muhammadiyah yang tersebar di Jawa Tengah telah diresmikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. Peresmian yang  secara virtual dipusatkan di Rumah Sakit Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah kabupaten Demak. Empat rumah sakit lainya meliputi RS PKU Muhammadiyah Wonogiri, RS PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga, RS Muhammadiyah Pedan Klaten, dan RS Aisyiyah Jepara. Peresmian tersebut juga dihadiri gubernur jawa tengah Ganjar Pranowo via virtual.

Dalam sambutan peresmianya Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan, terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak. Keberedaan rumah sakit baru tersebut semakin melengkapi ratusan rumah sakit dan klinik kesehatan yang telah dimiliki PKU Muhammadiyah.
"Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Muhammadiyah turut hadir untuk membantu memajukan bangsa dan negara, di bidang pelayanan kesehatan" Kata Haedar Nashir.

Sedangkan Rumah Sakit Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Demak Fuad Alhamidy menyampaikan bahwa Rumah Sakit ini berdiri di atas tanah wakaf seluas 1,5 hektar yang diberikan sesepuh dan tokoh masyarakat Demak yakni H Sunaryo (alm) dan H Sugiarto. Semula tanah wakaf seluas 1 (satu) hektare kemudian mendapat tambahan wakaf warga Muhammadiyah dan kaum muslimin Demak seluas 5000 m2, sehingga luas tanah seluruhnya sekitar 1,5 hektare.

Sebagai informasi  fasilitas yang dimiliki Rumah Sakit Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak yakni luas bangunan tahap satu sekitar 7.000 m2, dengan dua lantai dan memiliki konstruksi 3 lantai dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 100 bad. Selain itu pelayanan yang dimiliki yaitu pelayanan gawat darurat 24 jam, pelayanan medik umum, pelayanan medik spesialis (spesialis penyakit dalam dan spesialis anak), pelayanan medik spesialis penunjang  yaitu radiologi dan patologi klinik, pelayanan kefarmasian, penunjang klinis dan pelayanan bank darah.

Sementara, apresiasi disampaikan Bupati Demak HM Natsir yang diwakilkan Wakil Bupati Demak Joko Sutanto atas yang turut hadir pada peresmian rumah sakit tersebut.  Wabup mengatakan, sarana dan prasarana rumah sakit merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk senantiasa mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik, sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya.

Keberadaan RS Hj. Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak  diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Demak.

“Semoga hari ini dan kedepan, RS Hj. Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu, mudah dan murah, serta tulus dan ikhlas. Saya yakin dengan  pelayanan yang berkualitas dan fasilitas yang memadai, maka masyarakat akan merasa nyaman dan mempercayakan pengobatannya ke sini”,ujarnya. (kominfo/ist)