Sedekah Laut Tradisi Syawalan Pantai Morodemak

DEMAK - Meskipun di wilayah pesisir di kecamatan Bonang tergenang air rob setiap harinya, perayaan sedekah laut dalam tradisi syawalan tetap berjalan. Warga luar kecamatan Bonang pun masih banyak yang datang untuk menikmati tradisi syawalan di pantai Moro demak, Senin (9/5/22). 
Mereka datang bersama keluarga, teman maupun kerabat untuk wisata naik perahu di tengah laut dan menyaksikan pelarungan sedekah laut. 
Tradisi sedekah laut yang di gelar oleh tiga desa Margolinduk, Purworeko dan desa Morodemak pada  perayaan Syawalan kali ini dihadiri wakil bupati Demak Ali Makhsun di dampingi Camat Bonang Haris M Ridwan dan unsur Forkopimcam Bonang. 
Wakil bupati Ali Makhsun bersama rombongan menaiki perahu besar menuju ketengah laut untuk melaksanakan selamatan dan do'a sebagai ungkapan rasa syukur terutama warga nelayan yang keseharianya mencari nafkah dari isi lautan. 
"Ini sebuah tradisi masyarakat yang slalu dijaga dan terlebih tradisi itu berupa sedekah yang disertai do'a kepada Allah SWT. Dimanapun tradisi sedekah dilakukan baik di laut maupun daratan semoga membawa berkah dan berujung pada limpahan rezki, Amin" Kata Wabup Ali Makhsun. 
Saat pelaksanaan sedekah ditengah laut, Wakil bupati memotong tumpeng dan melarungkan ditengah tengah laut. Yang merupakan wujud dari simbol rasa syukur para nelayan atas hasil laut yang melimpah, serta agar terhindar dari hal buruk yang terjadi dilautan.
(Kominfo/rd)