Sosialisasi Keamanan Gas LPG Saat Mudik Lebaran

DEMAKLebaran sebentar lagi tiba, libur lebaran dan cuti bersama pun sudah ditetapkan, dan mudik pun sudah diperbolehkan oleh pemerintah, namun untuk prokes tetap harus dijaga.

Untuk itu menjelang libur lebaran tahun ini Dinas PU TARU dan Dinas PERKIM bekerjasama dengan KOPANA Pertamina mengadakan sosialisasi keamanan LPG saat ditinggal pergi.

kegiatan ini dilaksanakan pada Senin 25 April 2022 di halaman kantor Dinas PU TARU dan Dinas PERKIM usai melaksanakan apel pagi.

Pada kesempatan itu salah satu petugas dari Kopana Pertamina, Topan menyampaikan ciri-ciri tabung yang asli buatan pertamina, tips-tips dalam menggunakan tabung gas LPG dan tindakan yang dilakukank saat terjadi kebocoran tabung.

”Saat terjadi kebocoran tabung gas yang minimbulkan api lihatlah lingkaran merah yang ada di dekat nosel tabung gas, karena itu adalah lingkaran indikator”, kata Topan.

”Bila lingkaran tersebut sudah berubah menjadi hitam, langkah yang harus diambil adalah SDM atau Selamatkan Diri Masing-masing“, tambahnya.

Disamping itu topan juga mempraktekkan tips-tips aman menggukan regulator agar tidak terjadi kebakaran, ”Sebenarnya pemicu kebakaran bukanlah dari tabung LPG, tapi dari pemasangan regulator yang keliru sehingga memicu kebocoran“, tegas topan. (Dinperkim/Humas)