Sosialisasi Penyebab dan Pencegahan Stunting Kepada KPM PKH

DEMAK – Bertempat di Rumah KPM Dukuh Krajan Karangmalang Desa Blerong Kecamatan Guntur Pendamping Sosial PKH Kecamatan Guntur Ummi Rofiatun Nafiah, S.Pd.I melaksanakan Pertemuan P2K2 Pada Kamis 19 Mei 2022. Dalam acara tersebut disampaikan tentang manfaat guna PKH dan pengertian Stunting serta disampaikan survei kepuasan pendampingan PKH Kab. Demak.

Dalam kesempatan itu Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Demak 2 Luthfi Chalim,S.Pd.I menyampaikan bahwa stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya dan memiliki penyebab utama kekurangan nutrisi. Artinya tinggi badan anak kurang dari yang semestinya.

“Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Hanya saja, perlu diingat bahwa anak pendek belum tentu stunting, sedangkan anak stunting pasti terlihat pendek,” kata Luthfi.

Dia juga menuturkan bahwa Masalah kesehatan ini merupakan akibat dari berbagai faktor yang terjadi pada masa lalu. Berbagai faktor tersebut antara lain asupan gizi yang buruk, berkali-kali terserang penyakit infeksi, bayi lahir prematur, serta berat badan lahir rendah (BBLR).

“Kondisi tidak tercukupinya asupan gizi anak ini biasanya tidak hanya terjadi setelah ia lahir saja, melainkan bisa dimulai sejak ia masih di dalam kandungan”, ungkapnya.

Lebih lanjut Luthfi menjelaskan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang cara mencegah stunting menurut Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, yakni: Cara mencegah stunting untuk Ibu Hamil dan Bersalain; Untuk Anak Balita; Untuk Anak Usia Sekolah; Untuk Remaja dan Untuk Dewasa Muda. (Dinsosp2pa)