Ubinan Padi Poktan Tani Makmur Desa Pilangrejo Kecamatan Wonosalam

DEMAK – Jumat, 16 Februari 2024 telah dilaksanakan ubinan padi di poktan Tani Makmur Desa Pilangrejo Kecamatan Wonosalam. Kegiatan ubinan padi tersebut dilaksanakan oleh PPL Balai Penyuluh Pertanian Wonosalam dan petani poktan Tani Makmur.  Pelaksanaan ubinan bertempat di lahan sawah milik Bapak Slamet, dengan luas lahan yang dimiliki yaitu seluas 1,4 Hektare dan varietas padi yang dipanen yaitu varietas inpari 32 dengan umur tanaman 105 hari.

Hasil ubinan pada poktan Tani Makmur sebanyak 5,09 kg dikalikan dengan 16 meter, sehingga didapatkan 8,14 ton per hektar. Berdasarkan dari hasil ubinan tersebut dapat disimpulkan bahwa produktivitas padi tersebut termasuk ke dalam kategori tinggi.

Metode ubinan merupakan salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan diperoleh pada saat panen. Ubinan dapat diterapkan pada budidaya tanaman padi dengan cara sederhana, kita cukup mengukur beberapa meter untuk dijadikan tolak ukur atau perwakilan dari jumlah hasil perpetak sawah yang ingin kita ketahui hasilnya. Jadi dengan metode pengubinan ini petani akan mengetahui perkiraan hasil panen padi mereka sebelum di panen seluruhnya. (bpp-wonosalam)