Pemerintahan

Daftar OPD

  1. Sekretariat Daerah
  2. Sekretariat DPRD

Badan Pemerintahan

  1. Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah
  2. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  3. Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah
  4. Badan Penanggulangan Bencana Daerah
  5. Inspektorat Daerah

Dinas Daerah

  1. Dinas Kesehatan
  2. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Dinas Kepemudaan dan Olahraga
  4. Dinas Pariwisata
  5. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  6. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan KB
  7. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  8. Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM
  9. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian
  10. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  11. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman
  12. Dinas Lingkungan Hidup
  13. Dinas Pertanian dan Pangan
  14. Dinas Kelautan & Perikanan
  15. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  16. Dinas Perhubungan
  17. Dinas Komunikasi & Informatika
  18. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Visi & Misi

Visi

Demak bermartabat, maju dan sejahtera.

Misi

  1. Memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik, serta kehidupan bermasyarakat yang agamis, kondusif dan berbudaya.
  2. Meningkatkan sumber daya manusia, sumbar daya alam dan lingkungan hidup yang berkualitas dan berdaya saing.
  3. Mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal, membuka lapangan kerja, menguranggi kemiskinan dan pengangguran.

Program Unggulan Bupati

I. Peningkatan Harmonisasi dan Fasilitasi Kehidupan Beragama

  1. Bantuan tempat ibadah / lembaga keagamaan.
  2. Tambahan kesejahteraan guru honorer, guru MADIN/TPQ/PONPES.
  3. Beasiswa penghapal Al – Qur’an.
  4. Fasilitasi forum ulama – umaro

II. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik Berbasis ” Smart City “

  1. Integritas E- Govermant.
  2. Paperless Office (Administrasi kantor hemat kertas)
  3. Digitalisasi desa.
  4. Anjungan DUKCAPIL mandiri.
  5. Pengembangan Single Database (Kebijakan Satu Data).
  6. Mall Pelayanan Publik (MPP).

III. Peningkatan Kebersihan Dan Keindahan Wilayah

  1. Penataan Taman / RTH dan PKL.
  2. Pengelolaan Sampah Terpadu (TPA/TPST/SPA/TPS-3R/TPS).
  3. Bank Sampah.
  4. Gerakan Kali Bersih.

IV. Peningakatan Kualitas dan Aksesibilitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan

  1. Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik/Tenaga Kependidikan.
  2. Ajang/Lomba Kreatifitas Guru dan Siswa.
  3. Beasiswa Miskin.
  4. Literasi Berbasis Inklusi Sosial.
  5. Taman Baca Integratif.
  6. Percepatan Penanganan COVID-19 dan Stunting.
  7. Revitalisasi Posyandu.
  8. Pelayanan Kesehatan Untuk Semua (Health For All); Bumil, Ibu Bersalin, Bayi Baru lahir, Balita, Usia Pendidikan Dasar, Usia Produktif, Usia Lanjut.

V. Pengembangan Inovasi

  1. Fasilitasi Dewan Research Daerah.
  2. Hilirisasi Hasil Penelitian/Penerapan Teknologi Tepat Guna.
  3. Ajang Kreasi dan Inovasi Daerah.
  4. Expo Produk Unggulan Daerah.

VI. Perluasan Perkotaan

  1. Penyusunan Masterplan Perluasan Kawasan.
  2. Sayembara Desain Perluasan Kawasan.
  3. Pembangunan Perluasan Kawasan Perkotaan.

VII. Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Terutama di Kawasan Pesisir, Pertanian, dan Pusat Pertumbuhan / Pusat Produksi

  1. Jalan dan Jembatan.
  2. Jaringan Irigasi Terpadu Usaha Tani (JITUT).
  3. Jaringan Irigasi Tambak.
  4. Jalan Usaha Tani (JUT).
  5. Embung Pertanian.
  6. Rehabilitasi Tanggul Sungai.
  7. Penataan Trotoar dan Drainase Kota.
  8. Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM).
  9. Sistem Pengelolaan Air Limbah (SPAL) / Sanitasi
  10. SARPRAS / Utilitas Wisata.

VIII. Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat

  1. Peningkatan Investasi.
  2. Pembentukan Klaster UMKM.
  3. Gerakan ” ONE VILLAGE ONE PRODUCT “
  4. Pengembangan Ekonomi Kreatif.
  5. Pelatihan Star Up Wirausaha Muda.
  6. Pelatihan Ketrampilan, Bantuan Stimulan, dan Pendampingan Jaringan Pemasaran Untuk Pelaku UMKM Terutama Kelompok Muda dan Perempuan.
  7. Kemudahan Perijinan Usaha.

IX. Peningkatan Keberdayaan, Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial

  1. Pelatihan Ketrampilan dan Sertifikasi Bagi Pencari Kerja.
  2. Pemagangan dan Penyaluran Tenaga Kerja Baru.
  3. Bursa Kerja (Job Fair) dan Informasi Pasar Kerja On-Line.
  4. Bina Kelompok Petani/Nelayan.
  5. Bantuan Sosial Untuk RTM/Difabel/Lansia.
  6. Padat Karya.
  7. Bantuan Rehabilitasi RTLH/Rumah Korban Bencana.
  8. Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) – Online.

Kabupaten Demak

Dalam menjalankan pemerintahan, Kabupaten Demak membawahi 42 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terbagi menjadi sekretariat daerah, badan, dinas, kantor, kecamatan dan kelurahan. Tiap OPD mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Kewilayahan Demak

Kabupaten Demak adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak pada 6°43'26" - 7°09'43" LS dan 110°27'58" - 110°48'47" BT dan terletak sekitar 25 km di sebelah timur Kota Semarang. Demak dilalui Jalan Nasional Rute 1 (pantura) yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya-Banyuwangi. Kabupaten Demak memiliki luas wilayah seluas ± 1.149,07 km², yang terdiri dari daratan seluas ± 897,43 km², dan lautan seluas ± 252,34 km². Kabupaten Demak mempunyai pantai sepanjang 34,1 Km, terbentang di 13 desa yaitu desa Sriwulan, Bedono, Timbulsloko dan Surodadi (Kecamatan Sayung), kemudian Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah, Desa Morodemak, Purworejo dan Desa Betahwalang (Kecamatan Bonang) selanjutnya Desa Wedung, Berahankulon, Berahanwetan, Wedung dan Babalan (Kecamatan Wedung). Sepanjang pantai Demak ditumbuhi vegetasi mangrove seluas sekitar 476 Ha.

Daftar Alamat Dan Kontak OPD Kab. Demak