Badan Usaha Milik Daerah Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Dan PAD

DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah Bersama Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Inspektur beserta jajaranya, menghadiri acara bimbingan teknis penyusunan rencana kerja dan anggaran dan manajemen resiko Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Acara yang diikuti oleh jajaran pimpinan dan direksi BUMD pemkab Demak berlangsung selama 3 hari mulai dari hari Kamis(18/11) hingga Sabtu (20/11), di Ballroom salah satu hotel di wilayah Solo. 
Bertujuan untuk menyelaraskan penyusunan rencana kerja hingga manajemen resiko badan usaha. Dalam upaya pembentukan BUMD untuk memberi jasa, menyelenggarakan kemanfaatan umum, mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pengembangan fungsi pemerintah daerah dalam pelayanan masyarakat.

Dalam pengarahanya Bupati menyampaikan, Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut BUMD harus menerapkan tata kelola yang lebih baik. Oleh karena itu BUMD wajib menyusun RKA tahunan sesuai dengan aturan dalam Pemendagri Nomor 118 Tahun 2018 tentang Rencaan Bisnis, Rencana Kerja dan Anggaran, Kerjasama, Pelaporan dan Evaluasi Badan Usaha Milik Daerah.

“Kita berharap besar, rapat koordinasi yang bertajuk Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran dan Manajemen Resiko BUMD merupakan pijakan awal untuk hadirkan lompatan besar” tuturnya.

"BUMD terus meningkatkan kinerja dan kontribusinya untuk ikut serta dalam mendorong pertumbuhan perekonomian dan penyerapan tenaga kerja, memberikan kontribusi kepada daerah dalam bentuk deviden dan tanggung jawab sosial kepada lingkungan serta mewujudkan tata kelola BUMD yang baik (Good Corporate Governance).” kata bupati. 

Bupat berharap bagaimana ke depannya BUMD bisa menekan dan meminimalisir segala kemungkinan, baik positif atau pun negatif. Tim work saling menguatkan sinergitas, komunikasi, hingga kolaborasi sebagai alternatif meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). (Kominfo/Put).