In House Training Basic Life Support dan Membangun Sistem Code Blue

DEMAK - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Sultan Fatah Demak, terutama pasien dengan keadaan yang mengancam jiwa, seluruh karyawan Rumah Sakit harus dibekali dengan kemampuan BLS (Basic Life Support) atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut BHD (Bantuan Hidup Dasar).

Sebetulnya, kemampuan ini tidak hanya bermanfaat untuk pasien saja, akan tetapi bisa juga digunakan jika ada penunggu, keluarga, pengunjung atau bahkan karyawan yang sedang berada di lingkungan Rumah Sakit yang membutuhkan tindakan ini, karena prinsipnya henti jantung dan henti nafas bisa terjadi kapanpun, dimanapun dan pada siapapun. Oleh karena itu, Rumah Sakit Sultan Fatah mengadakan kegiatan In House Training Basic Life Support dan Membangun Sistem Code Blue, untuk semua karyawannya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara maraton mulai 16 – 19 November 2021. Bertempat di aula lantai 1 dan selasar anyelir – ICU lantai 2. Dengan peserta +/- 80 orang per harinya selama 4 hari. Pembukaan acara ini dihadiri oleh jajaran Pejabat Struktural Rumah Sakit Sultan Fatah. Sedangkan untuk narasumber yaitu dr Ariawan, Sp.A memberikan materi RJP anak dan neonates dan  dr Dharma, Sp.An memberikan materi RJP dewasa dan Code Blue.
Code Blue merupakan kode yang digunakan di rumah sakit yang menandakan adanya seseorang yang mengalami henti jantung atau henti nafas, baik itu pasien ataupun bukan pasien. Setelah kegiatan pemberian materi, dilanjutkan dengan Pelatihan BLS/BHD dan Simulasi Code Blue oleh semua peserta yang dipandu oleh Coach pada masing-masing kelompok.

Kegiatan yang diprakarsai oleh dr. Hana Nisrina Almas dan Sekar Handalu Nestri, Amd.Keb, dibantu oleh dokter umum lainnya dan juga perawat senior yang ada di RSUD Sultan Fatah. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh seluruh peserta baik nakes maupun non nakes. Untuk non nakes, ini merupakan hal yang baru bagi mereka, akan tetapi mereka sangat bersemangat dalam menimba ilmu baru.

Diharapkan kegiatan In House Training Basic Life Support dan Membangun Sistem Code Blue ini, seluruh karyawan yang ada di RSUD Sultan Fatah tahu apa yang akan mereka lakukan, jika ada seseorang yang memang membutuhkan pertolongan mereka. Karena pertolongan pertama diikuti aktivasi sistem code blue dapat mencegah kematian. (RSUD Sulfat)