Pengisian BPD Desa Kearngkulon

WONOSALAM -

Sebanyak sepuluh orang warga desa mengikuti prosesi pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

Mereka mengikuti tahapan penjaringan yang dilakukan oleh panitia dalam rapat terbuka hari ini Sabtu (25/9) di Balai Desa Kerangkulon. Rapat terbuka disaksikan oleh Camat Wonosalam, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan tidak kurang 85 orang unsur RT RW, Tokoh masyarakat dan pemuda yang tercatat dalam daftar hadir.

Berdasarkan jumlah penduduk, Desa Kerangkulon ditetapkan ada 6 wilayah dan 1 wakil perempuan. dari pembagian wilayah tersebut setelah dibuka pendaftaran hanya ada sepuluh orang pendaftar.

Dari sejumlah wilayah pendaftaran terdapat 4 wilayah yang semuanya diminati satu orang pendaftar, sedangkan wilayah 2 dan 3 dan wakil perempuan ada dua orang pendfatar. sehingga panitia hanya memilih wakil dari wilayah 2, wilayah 3 dan wakil perempuan.

Menurut ketua panitia Ikhwan Sidiq, SH prosesi diawali pembentukan panitia sejak 29 Agustus lalu, kemudian mulai tanggal 1 – 12 september panitia sudah melakukan pembukaan pendaftaran, dan sudah melakukan perpanjangan pendaftaran hingga 18 September karena masing masing wilayah yang daftar kurang dari tiga orang. setelah masa perpanjangan selesai maka panitia terpaksa menetapkan sepuluh orang calon yang berhak di pilih dalam rapat terbuka.

Sementara itu Camat Wonosalam Dra. Sri Utami saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa Desa Kerangkulon adalah desa pertama yang sudah melaksanakan tahap pemilihan BPD dan rapat terbuka pemilihan hari ini adalah tahap kesepuluh dari 12 tahapan yang berkahir dengan pelantikan.

Menurut Camat Wonosalam seluruh rangkaian tahapan harus mengacu pada Perda 6 tahun 2020 dan perbup 3 tahun 2021 tentang BPD karena sejak diundangkan dua peraturan itulah yang berlaku bagi BPD.

Sementara itu dalam menentukan hak pemilihan, panitia menetapkan menggunakan voting terbuka yang sudah disepakati oleh seluruh panitia pada rapat internal sebelumnya dan sudah dituangkan dalam berita acara.

Dari 4 wilayah yang diminati satu orang pendaftar secara de facto ditetapkan sebagai anggota BPD yaitu wilayah 1 : sdr. Harsono, wilayah 4 : sdr. Muhamad Mujahidin, wilayah 5 : sdr. Ahmad Mujib Maulana, Wilayah 6 : sdr. Muhamad Amrin.

Sedangkan voting terbuka dilakukan di wilayah 2 yaitu sdr. Ali Musyafak 6 suara dan sdr. Khoirul Anam 3 suara. untuk wilayah 3 yaitu sdr. Haris Setyono 3 suara dan Wiwik Romdhonah 4 suara.

Sementara untuk wakil perempuan dipilih oleh 19 wakil perempuan terdiri dari tokoh RT, RW, Fatayat, Muslimat dan Tokoh pendidikan dan tokoh perempuan lainnya, memilih Pretty Ernawati 16 suara dan Eny Muthoharoh 3 suara.

Daftar nama masing masing wakil wilayah terpilih akan dilaporkan kepada Kepala Desa untuk diteruskan kepada Bupati Demak melalui Camat Wonosalam pada hari berikutnya. (sm)