Seminar Literasi “Sehat dan Produktif Bagi Generasi Muda”

DEMAK - Di tengah belum pasti kapan berakhirnya pandemi Covid-19, pemerintah mulai mewacanakan kehidupan normal baru (new normal). Masyarakat diharapkan dapat segera melaksanakan aktivitas seperti biasa, tetapi dengan cara-cara baru yang tetap sehat dan produktif meskipun di masa pandemi Covid-19.

Literasi menjadi istilah yang begitu populer di masyarakat akhir-akhir ini. Konsep ini erat dengan penggunaan media digital sebagai aktifitas pemenuhan informasi di masyarakat melalui media internet.

Literasi Sehat dan Produktif Bagi Generasi Muda sama pentingnya dengan membaca, menulis, berhitung dan disiplin ilmu lainnya dengan menerima berbagai informasi memahami pesan dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu pembinaan dan sosialisasi terhadap norma dan aturan tersebut perlu digencarkan agar dalam memanfaatkan teknologi masyarakat tidak menyalahi norma dan aturan yang berlaku.

Tujuan diselenggarakannya seminar literasi adalah untuk membantu memberikan pemahaman dan gambaran tentang upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Demak terkait sosialisasi adaptasi kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan yang berlaku dan memberikan wawasan dalam penguasaan teknologi informasi dan mendorong peran serta masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam diseminasi informasi positif terhadap adaptasi kebiasaan baru

Plt. Kepala Bidang Perpustakaan, Addan Pranoto, SE menyampaikan hal tersebut saat membuka acara Seminar Literasi bertema Sehat dan Produktif Bagi Generasi Muda di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Demak, Selasa (23/11) di aula Dinperpusar Demak

Lebih lanjut Kabid Perpustakaan menambahkan Digitalisasi membuat manusia mau tidak mau harus menguasai teknologi informasi. Namun demikian, Informasi dan komunikasi tak selamanya membawa dampak positif namun ada juga dampak negatif lainnya tatkala kemajuan teknologi informasi ini disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu dirinya mengharapkan pengguna internet di Kabupaten Demak memiliki pola pikir dan pandangan kritis dalam menyikapi isu yang berkembang dan tidak mudah terprovokasi. Dengan demikian, kehidupan sosial dan budaya masyarakat akan cenderung aman dan kondusif “Menjadi Literasi sehat dan produktif berarti memahamin kapan dan bagaimana teknologi harus digunakan agar efektif untuk mencapai tujuan positif,” Jelas Addan.

Dengan pelaksanaan kegiatan Seminar tersebut Plt. Kabid. perpustakaan berharap seluruh peserta bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru terkait penggunaan teknologi, memahami aturan, norma dan etika pemanfaatan teknologi secara benar dan bertanggung jawab. (Dinperpusar)