Tingkatkan konsumsi Ikan, Pemkab Demak Ajak Masyarakat Lewat GEMARIKAN

DEMAK - Pemkab Demak melalui gerakan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makanan yang berbahan dasar ikan. Karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap, sehingga baik untuk dikonsumsi berbagai kelompok usia.

Wakil Bupati Demak, KH. Ali Makhsun, M.S.I yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Ikan merupakan salah satu sumber pangan hewani yang mudah diperoleh segala lapisan masyarakat. Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. Tuturnya.

Namun, Lanjut Wabup, hal tersebut tidak merata di semua wilayah. Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi ikan masih rendah, padahal hasil laut daerah Kabupaten Demak cukup melimpah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Demak. Oleh karena itulah dibutuhkan gerakan yang nyata untuk mengajak masyarakat agar gemar makan ikan, sehingga tumbuh kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi ikan yang aman dan sehat. ” Upaya menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, namun butuh dukungan dari seluruh pihak agar terjaga ketersediaan, keberkelanjutan ikan dengan harga terjangkau”. Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinlutkan Kabupaten Demak, Mohamad Fathkurokhman, SH, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengkampanyekan GEMARIKAN dan mengedukasi masyarakat (khususnya bumil dan balita) serta menggugah kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

“Karena kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan masih rendah, dan angka stunting di Kabupaten Demak masih cukup tinggi. Tujuannya agar masyarakat terpenuhi asupan proteinnya serta dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Demak”. Tambahnya.

Dalam Kegiatan tersebut turut hadir Ketua PKK Kab. Demak, Ibu Hj. Khodijah Ali Makhsun, Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda, Drs. M. Agus Nugroho Luhur Pambudi serta Camat Gajah, Drs. Agung Widodo, MM. (Prokompim).